Jumat, 23 Maret 2012

Torrent

Beberapa dari pengguna internet mungkin kebanyakan sudah tahu istilah torrent, terlebih bagi mereka yang suka men-download file-file besar. Meskpun sudah banyak yang tahu tentang torrent tapi saya yakin masih banyak juga pengguna internet yang belum tahu tentang apa yang dinamakan torrent. Apalagi beberapa kali saya sharing tentang software-software full version hanya meyertakan file-file torrent.
Nah lewat tulisan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang torrent.
Torrent adalah salah satu teknologi sharing file yang disebut dengan P2P (baca : Peer to Peer), dimana user-user terkoneksi untuk mengirim dan menerima sebagian file. Jadi saat kita men-download suatu file melalui Torrent, semua komputer di seluruh dunia yang sedang men-download file yang sama akan saling berhubungan dan saling men-transfer data satu sama lain.
Berikut ini adalah istilah-istilah umum yang biasa digunakan dalam torrent.
  • Seed atau seeder adalah sebutan bagi pengguna yang telah selesai men-download file dan melakukan sharing atau berbagi kembali. Istilah mudahnya adalah mengupload kembali file yang telah berhasil di download.
  • Peer adalah semua orang yang sedang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder)
  • Leecher ditujukan kepada mereka yang telah selesai mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut mereka langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut. Istilah mudahnya hanya mendownload file tapi tidak melakukan upload kembali.
  • Tracker, adalah sebuah server pusat yang mengumpulkan informasi mengenai jumlah seeder dan leecher.
Kecepatan download untuk file torrent dipengaruhi oleh jumlah seeder dan leecher. Semakin banyak jumlah seeder dibandingkan leecher maka proses download akan menjadi lebih cepat, dikarenakan banyak seeder yang membantu mengirimkan data kepada pengguna lainnya. Sebaliknya apabila jumlah leecher lebih banyak dibandingkan dengan jumlah seeder maka proses download akan menjadi lebih lambat, dikarenakan pengguna harus terbebani meng-upload data kepada sesama leecher.
Untuk melakukan download file yang berextensi *torrent ini, kita memerlukan software khusus yang harus terinstall di komputer kita, software tersebut diantaranya adalah uTorrent, BitTorrent, Vuse, Shareaza, Dll yang bisa di download gratis melalui internet.
Keuntungan download torrent yang saya rasakan selama ini sangatlah bagus, karena ketika download belum selesai dan komputer kita matikan nanti begitu komputer kita nyalakan kembali download bisa kita lanjutkan, Dan yang pasti menggunakan torrent tidak memakan resource memory yang sangat besar. Jadi sambil download browsing pun masih tetep lancar.
Sekian penjelasan tentang torrent yang saya ambil dari berbagai macam sumber. Apabila ada yang kurang pas mohon untuk di koreksi bersama.

0 komentar:

Poskan Komentar