Rabu, 06 Juni 2012

Apakah TWEAK?

Istilah Tweaking sebenarnya berasal dari kata Tweak yang berarti melakukan perubahan kecil untuk mengatur suatu sistem yang kompleks. Aktivitas tweak ini biasa dilakukan pada sebuah peralatan elektronik yang dikenal dengan nama "ngetrim". Panel sirkuit Analog seringkali memiliki potensiometer kecil atau komponen lain yang dalam istilah elektronik sering disebut "Trimer" yang digunakan untuk mengkalibrasi atau menyesuaikan frekuensi pada alat-alat elektronik tersebut.

Dalam dunia komputer, Tweak adalah aktivitas seseorang yang melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software. Aktivitas ini bisa diibaratkan melakukan fine tuning sebuah produk agar memberikan kinerja yang terbaik sesuai harapan orang tersebut.

Aktivitas tweak dewasa ini paling populer di dunia merakit PC. Tujuan umumnya adalah meningkatkan performa PC agar sedikit melebihi batas standar kemampuannya. Tweak juga banyak dilakukan pada sisi perangkat lunak, misalnya agar koneksi internet dapat melaju lebih cepat dari kecepatan yang biasa diperoleh sang pengguna internet.

Jenis-jenis tweaker menurut objek yang di tweak

Tweaker Hardware adalah proses memodifikasi bagian-bagian tertentu dari perangkat keras seperti mengubah kabel, membersihkan kepala pemain VHS dengan cairan pembersih bermerek atau meminyaki bagian yang bergerak dari mesin dengan minyak terbaik.

Tweaker Komputer hardware merupakan perluasan dari tweaking hardware, khususnya diarahkan pada komponen PC. Mereka termasuk: perubahan tegangan dan tingkat clock unit pengolahan, memodifikasi waktu RAM unit, memperbaiki sistem pendingin untuk mengurangi kemungkinan terlalu panas, dll.
Tweak khusus dirancang untuk memungkinkan prosesor untuk beroperasi pada kecepatan clock yang lebih tinggi dari biasanya dikenal sebagai overclocking.


Software tweaker adalah proses meningkatkan kinerja aplikasi atau kualitas output-nya. Ada dapat dua cara untuk mencapai ini: secara manual (yaitu, jika seseorang terbiasa dengan pemrograman, meskipun mungkin tidak relevan jika sumber aplikasi ditutup, dan tidak ada built-in berarti untuk menyesuaikan performa) atau menggunakan lain bagian dari perangkat lunak khusus untuk tujuan (seperti Red Button dan SysTool [1], utilitas tweaking semi-otomatis digunakan untuk meningkatkan kinerja dari Microsoft Windows XP Tweak semacam ini pada umumnya. meningkatkan kegunaan, dalam hal konfigurasi preferensi pribadi, bukan Tujuan dari kinerja keseluruhan sistem). Linux dan produk open source dirancang untuk memfasilitasi proses tweaking sebanyak mungkin, sebagai lawan Microsoft Windows yang membatasi tweaker tapi memungkinkan dengan ketentuan, dan Mac OS yang sebagian besar melarang atau sangat menghambat tweaking.

0 komentar:

Poskan Komentar