Selasa, 03 April 2012

10 tips dan aplikasi gratis untuk 'menyehatkan' laptop anda

Seiring waktu, laptop yang sering kita gunakan mungkin tidak akan seperti baru ketika kita pertama kali membelinya. Tumpukan sampah di sistem membuatnya menjadi lambat, membuka dokumen atau menjalankan multi aplikasi menjadi tidak nyaman karena yang terjadi aplikasi-aplikasi tersebut hanya berputar-putar saja tanpa ada kejelasan bisa dibuka atau tidak.
Kejadian di atas adalah hal yang lumrah dialami oleh semua pengguna laptop. Hal ini dikarenakan berbagai kegiatan di laptop tentu membuat laptop anda harus bekerja ekstra keras dan akhirnya laptop yang digunakan tidak senyaman ketika pertama kali kita membelinya.
Di luar sana ada berbagai aplikasi gratisan yang dapat anda manfaatkan untuk menyehatkan kembali laptop anda. Dan dibawah ini ada 12 tips untuk laptop anda yang mungkin bisa anda terapkan guna 'menyehatkan' kembali laptop anda :
1. Bersihkan dan percepat sistem operasi laptop anda
Semakin banyak file dan aplikasi yang ada di laptop anda maka akan semakin memperberat sistem operasi anda. Gunakan aplikasi CCleaner yang bisa anda download disini secara gratis. Gunakan secara rutin untuk membersihkan sistem operasi anda dari file-file sampah yang memberatkan.
2. Lindungi data di dalam laptop anda
Kehilangan data penting di laptop baik karena laptop yang hilang atau dicuri tentu tidak diinginkan oleh siapapun juga. Guna menghindarinya sebaiknya mulai sekarang anda mengenkripsi data anda. Proses enkripsi memang rumit tapi bagi para pengguna tidak perlu khawatir, anda dapat mendownload software enkripsi TrueCrypt dari www.truecrypt.org.
3. Bantu laptop anda agar lebih adem
Dengan sifat 'mobile-nya' laptop bisa digunakan di mana saja bahkan untuk digunakan di tempat tidur atau sofa. Tapi hati-hati, jangan terlampau sering dan lama ketika menggunakan laptop di kasur karena panas yang ditimbulkan oleh laptop bisa menjadi masalah. Usahakan agar ventilasi udara di laptop tidak terhalang dengan sedikit menyisakan ruang antara bawah laptop dan permukaan selimut atau bantal. Anda bisa mengganjalnya sedikit sehingga ada ruangan untuk sirkulasi udara.
4. Bantu baterai laptop anda agar lebih lama usianya
Baterai di laptop merupakan persoalan yang sering dikeluhkan oleh para penggunanya. Banyak dari para pengguna itu mengeluhkan tentang kondisi baterai laptop mereka yang cepat sekali 'drop'. Salah satu sebab dari masalah itu adalah penggunaan dari baterai yang 'kelewatan'. Jika anda ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, misalkan seharian maka akan lebih baik jika anda mencopot baterai laptop dan langsung mencoloknya menggunakan power adapter laptop. Hal ini dapat membantu memperpanjang usia baterai laptop anda.
5. Ubah ukuran font netbook anda
Dengan ukurannya yang kecil netbook memang enak untuk dibawa kemana-kemana tapi jika anda hendak browsing atau membuka dokumen dan anda kesulitan dengan ukuran font yang terlalu kecil maka anda bisa merubahnya. Untuk pengguna Windows XP anda bisa mengubahnya di Start > Control Panel > Display > Appearance, lalu set ukuran Font baik itu ke Large atau Extra Large, tergantung kebutuhan anda.
6. Percepat proses startup laptop
Beberapa aplikasi terkadang ingin ikut berjalan di proses startup dan seringnya aplikasi-aplikasi itu justru akan memberatkan loading laptop anda. Gunakan aplikasi Autoruns, yang dapat didownload disini secara gratis, yang akan membantu anda memilih program mana saja yang tidak perlu untuk berjalan ketika startup.
7. Bersihkan laptop yang kotor
Kebersihan mencerminkan kepribadian seseorang, begitu yang sering dikatakan oleh orang-orang. Mulai sekarang jangan biarkan laptop anda kotor, bersihkan selalu keyboard, body, monitornya menggunakan kain yang lembab yang akan membersihkan debu serta kotoran yang ada.
8. Upgrade memori laptop
Jika anda merasa kurang puas dengan kecepatan laptop anda sekarang, maka cobalah untuk menambah memori laptop anda. Coba cari tahu tentang spesifikasi dari laptop anda dan cari tahu apakah masih memungkinkan untuk menambah memori di laptop anda. Anda bisa menghubungi toko komputer khusus laptop dan meminta mereka menambahkannya untuk anda.
9. Mencari suku cadang laptop
Jika laptop anda rusak, maka sebaiknya yang pertama kali anda lakukan adalah menghubungi service center dari produsen laptop anda. Mereka umumnya mengerti benar tentang masalah yang mungkin terjadi dengan produk mereka dan sekaligus menyediakan suku cadang original untuk laptop anda.
10. Selamatkan file dari hard disk yang rusak
Kalau anda sudah berurusan dengan hard disk yang rusak secara fisik maka kemungkinan besar data yang ada didalamnya pun tidak dapat diselamatkan, meskipun memang ada beberapa perusahaan yang membuka layanan khusus untuk menyelamatkan data dari hard disk yang rusak, dan itu butuh biaya yang tidak sedikit. Tapi anda bisa mendownload program yang bernama Verifile yang bisa didownload dari www.ontrackdatarecovery.co.uk, yang akan memberitahukan kepada anda apakah file-file yang ada di dalam hard disk anda bisa diselamatkan atau tidak.

0 komentar:

Poskan Komentar