Jumat, 04 Mei 2012

Cara Agar Situs/Blog Terindex di Seach Engine

Bila anda baru membangun sebuah blog atau situs website yang masih fresh tentunya anda ingin agar situs / blog tersebut dapat ditemukan pada halaman pencarian di Search Engine. Umumnya untuk blog yang dibangun melalui blogspot lebih cepat terindex pada halaman Google meskipun tidak melakukan optimasi apapun. Hal tersebut disebabkan karena 2 hal:
  1. Situs Blogspot adalah milik Google
  2. Struktur Meta Title dan Description pada Blogger versi saat ini sudah dioptimasi secara otomatis sehingga mempermudah Search Engine untuk menemukan blog tersebut
Bagaimanakah bila situs anda bukan dibangun melalui blogger, misalkan melalui wordpress.org, wordpress.com, tumblr, typad, blogetery, joomla dsb? Jawabannya adalah tetap terindex meskipun anda tidak melakukan pendaftaran apapun :-) yang membedakan adalah bila anda melakukan pendaftaran, kesempatan blog / situs anda terindeks menjadi lebih cepat dan pasti.
Untuk mendaftarkan situs / blog anda ke mesin pencari dapat melalui situs berikut:

Daftar ke Search Engine Google

  1. Kunjungi website www.google.co.id/add_url.html
  2. Setelah itu ketikkan alamat website anda pada kotak bagian URL dan deskripsi blog pada bagian Tanggapan
  3. Klik tambahkan (Add Website, bila menggunakan google versi bahasa inggris)

Daftar ke Search Yahoo & Bing

Sejak 2011 akhir situs webmaster yahoo dan bing digabungkan dengan adanya kerjasama antara keduanya sehingga untuk mendaftarkan situs anda ke yahoo dan bing menjadi lebih mudah dan cepat.
  1. Kunjungi alamat berikut https://ssl.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx
  2. Prosesnya sama seperti mendaftar pada Google yaitu masukkan alamat url website / blog anda
  3. Masukkan kode verifikasi
  4. Klik Submit URL

Ping URL, Daftar RSS, Ping ke Situs Index

Langkah berikutnya tidak mutlak harus dilakukan dan dapat dijadikan opsi untuk memperbesar kemungkinan situs anda terindeks dengan cepat.
Ping URL – ping alamat website / blog anda melalui www.pingomatic.com atau www.googleping.com
Daftar RSS – daftarkan alamat RSS Feed anda melalui halaman ini. Untuk menemukan alamat RSS feed anda umumnya tambahkan /rss.xml (pada blogger), atau /atom.xml atau /feed dibelakang alamat website anda. misalnya www.abc.com/feed
Ping Situs Index – Setelah itu anda dapat melakukan ping website anda pada situs-situs index. Tools ini dapat ditemukan pada website yang sama pada halaman ini . Isi URL dan keyword situs anda pada kotak isian, lalu pada bagian Limit the number of created pages (optional) pilih 100 saja. Lalu klik Submit
Demikianlah cara-cara untuk mendaftarkan situs anda pada mesin pencari (search engine). Sebenarnya terdapat fitur yang cukup canggih pada software Internet Bussiness Promoter (IBP) yang dapat melakukan pendaftaran ke ratusan situs search engine dalam waktu yang singkat.
Bila anda tidak memiliki software IBP tersebut, maka cukup lakukan cara yang sedikit manual pada tulisan ini. :-)
Demikianlah informasi tentang Cara Cepat Agar Situs / Blog Terindex di Search Engine. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar