Selasa, 25 Maret 2014

Cara Mudah Nge-Root Galaxy Young (GT-S6312/GT-S6310)

Nge-root atau rooting terkadang memang perlu dilakukan ke device Android. Ini karena dengan melakukan Rooting kita jadi bisa meng-eksplorasi Android lebih dalam ke system di dalamnya. Selain itu dengan rooting tentunya kita bisa mengijinkan beberapa aplikasi yang membutuhkan akses root tentu saja.
Pada device kelas menengah kebawah seperti Galaxy Y/Galaxy Young, rooting bisa dikatakan perlu untuk memaksimalkan device tersebut dari keterbatasan yang dimilikinya. Karena dengan rooting, para pengguna Galaxy Young bisa menginstall aplikasi semacam Link2SD untuk memindahkan atau menge-link-an file aplikasi kedalam SDCard sehingga ruang penyimpanan internal di Galaxy Y tidak mudah penuh.
Ada beberapa cara untuk rooting Galaxy Y, dari yang simpel, agak simpel sampai sangat tidak simpel alias susah. Lha kali ini saya akan membagi cara nge-root paling simpel pada Galaxy Y atau Young GT-S6312/GT-S6310 dengan aplikasi bernama Framaroot. Kenapa kok simpel? Karena dengan aplikasi ini kita tidak memerlukan PC atau Komputer untuk melakukan root.
Yap dengan Framaroot ini kamu tinggal mendownload aplikasi atau .apk-nya kemudian menjalankannya di Android. Nah supaya tidak bingung saya tuliskan step by step cara paling simpel alias mudah ngeroot Galaxy Young:


  1. Backup dulu data-data yang ada di Galaxy Young seperti foto, dokumen, dan file-file yang dianggap penting
  2. Download file .apk Framaroot disini (saya sarankan download langsung lewat Galaxy Young saja biar ngga repot mindah-mindah file)
  3. Buka/Install file yang telah kamu download tadi lewat aplikasi File Manager atau bisa juga langsung lewat Aplikasi Download yang sudah ada di Andorid. Oh iya sebelumnya centang dulu opsi Unknown Source pada bagian Setting > Security > Device Administrator.
  4. Jalankan Framaroot di Galaxy Young, untuk opsi bagian atas pilih “Install SuperSU” kemudian di bagian exploit pilih “Aragorn”
  5. Selesai, Galaxy Y sudah ter-root dan tingga di restart.
Tampilan aplikasi Framaroot
Tampilan aplikasi Framaroot
Nah mudah sekali bukan? Dengan Framaroot ini ngga perlu pake PC/Laptop untuk melakukan root ke Galaxy Y karena aplikasi rooting tersebut akan berjalan langsung di Android.
Selain untuk melakukan Rooting, Framaroot ini juga bisa digunakan untuk melakukan Un-Root alias mengembalikan Galaxy Young ke dalam kondisi tidak ter-root.
Nah demikian tips cara paling mudah melakukan root ke dalam Galaxy Y/Young seri GT-S6312/GT-S6310. Silahkan isi komentar buat yang sukses nge-root maupun yang ngga sukses. Oh iya sebelumya saya ingatkan lagi kalo kegiatan melakukan Root ke dalam Android ini dilarang oleh pabrikan atau dari yang bikin Galaxy Young, so Do With Your Own Risk alias Resiko Ditanggung Sendiri :lol:

Download Framaroot v1.9.1 [download]

0 komentar:

Poskan Komentar